Saturday, June 27, 2009

.:: Script Mirroring ::.

Di sini gw menuliskan bagaimana mirroring repo ubuntu dari server repo foss-id untuk digunakan dalam jaringan lokal menggunakan debmirror. Dan agar repo tetap update, kita menggunakan sebaris perintah debmirror yang menurut saya cukup panjang dan dimasukkan ke dalam penjadwalan proses (crontab). Kemudian terpikir gimana kalau dibuatkan script sederhana saja untuk dijalankan di dalam cron. Setelah sedikit berguru ke Google dan sedikit modifikasi, akhirnya tercipta skrip sederhana ini, coba ditelaah apakah ada yang salah :

#!/bin/bash
# Re-created by Norman Impol
# If needed, please modification this script

mirror=dl2.foss-id.web.id
root=ubuntu
method=http
dist=hardy,hardy-updates,hardy-security,hardy-proposed,hardy-backports,intrepid,intrepid-updates,intrepid-security,intrepid-proposed,intrepid-backports,jaunty,jaunty-updates,jaunty-security,jaunty-proposed,jaunty-backports,karmic,karmic-updates,karmic-security,karmic-proposed,karmic-backports
seksi=main,restricted,universe,multiverse
arch=i386
ke=/media/mirror-ubuntu
log=/var/log/mirror.log

if [ ! -f `which debmirror` ]; then
    echo "No debmirror found, use aptitude install debmirror"
    exit 1
fi

/usr/bin/debmirror --nosource --progress -m --passive \
--ignore-release-gpg \
--ignore-missing-release \
--host=$mirror --root=$root/ \
--method=$method --dist=$dist \
--section=$seksi --arch=$arch \
$ke > $log
Save skrip dengan nama debmirror.sh, dan berikan permission executable (+x), sertakan juga dalam penjadwalan proses (cron). Skrip ini sudah gw pergunakan selama 2 minggu, dah berjalan dengan baik. Jadi kalau ada penambahan disana-sini sesuaikan dengan kebutuhan.

0 comments:

Post a Comment