Friday, June 19, 2009

.:: Mirroring Repository Live Ubuntu dengan Debmirror ::.

Kalau kemaren saya menulis membuat server repo lokal dengan DVD ISO Ubuntu Jaunty sejumlah 6 keping, kali ini saya akan menjelaskan mirroring dengan debmirror (software pembuat mirror) . Sebenarnya paket untuk mirroring ini tidak hanya debmirror saja, sebut saja rsync atau apt-mirror bisa juga sebagai alternatif. Keunggulan dari debmirror adalah paket ini bisa memilih versi ubuntu mana yang kita ingin mirror sesuai kebutuhan, misal kita hanya ingin me-mirrorkan versi hardy saja, kita cukup mendeklarasikan pada option --dist=hardy,hardy-updates,hardy-security,hardy-proposed,hardy-backports, otomatis yang terbentuk di server kita adalah paket-paket repository hardy saja, kalau menggunakan rsync akan mensinkronikasikan semua isi folder secara rekursif (CMIIW).

Satu lagi keuntungan menggunakan mirorring repo seperti ini, kita akan mendapatkan update paket-paket yang bersesuaian dengan server repo yang kita mirror, gak perlu panjang lebar lagi langsung aja kita bangun mirror kita, yang kita butuhkan antara lain :
  1. Koneksi Internet dengan bandwidth yang lumayan.
  2. Freespace di hardisk yang banyak (dalam kasus ini saya menggunakan 100GB).
Lalu implemenstasinya,
  1. Buat direktory mirror, saya taruh dibawah /media --> #mkdir /media/mirror-ubuntu
  2. Install paket debmirror --> #apt-get install debmirror
  3. Ketikkan perintah ini --> #debmirror --nosource --progress -m --host=dl2.foss-id.web.id --root=ubuntu --method=http --dist=hardy,hardy-updates,hardy-security,hardy-proposed,hardy-backports,intrepid,intrepid-updates,intrepid-security,intrepid-proposed,intrepid-backports,jaunty,jaunty-updates,jaunty-security,jaunty-proposed,jaunty-backports,karmic,karmic-updates,karmic-security,karmic-proposed,karmic-backports --section=main,restricted,multiverse,universe --arch=i386 /media/mirror-ubuntu --ignore-release-gpg --ignore-missing-release  > /var/log/mirror.log                                                          Ket : dalam kasus ini, saya mencoba memirror-kan repo ubuntu versi hardy,intrepid,jaunty,dan karmic dan mengaktifkan semua section dan arsitektur yang saya pilih hanya untuk Intel 368. Semua aktifitas mirror tercatat pada file mirror.log . Sekedar untuk catatan, proses ini memakan waktu sampai 5 hari, dalam kasus saya.
  4. Agar repository tetap update, proses mirroring ini saya crontab, dan saya jalankan setiap jam 8.05 malam. Ketik crontab -e dan ketikkan seperti pada point 5.
  5. 05 20 * * *    /usr/bin/debmirror --nosource --progress -m --host=dl2.foss-id.web.id --root=ubuntu --method=http --dist=hardy,hardy-updates,hardy-security,hardy-proposed,hardy-backports,intrepid,intrepid-updates,intrepid-security,intrepid-proposed,intrepid-backports,jaunty,jaunty-updates,jaunty-security,jaunty-proposed,jaunty-backports,karmic,karmic-updates,karmic-security,karmic-proposed,karmic-backports --section=main,restricted,multiverse,universe --arch=i386 /media/mirror-ubuntu --ignore-release-gpg --ignore-missing-release  > /var/log/mirror.log
  6.  Untuk dapat diakses dari web installasikan web server. #apt-get install apache2 apache2-doc apache2-mpm-prefork apache2-utils apache2-suexec libexpat1 ssl-cert
  7. Buat alias di apache2.conf (/etc/apache/apache2.conf), kira2 seperti ini isinya :
           Alias /ubuntu “/media/mirror-ubuntu”
           Options Indexes MultiViews FollowSymLinks
           AllowOverride None
           Order allow,deny
           Allow from all

Sampai disini selesai pembuataan mirroring, untuk melihat susunan repo yang terbentuk, akses lewat browser, ketikkan http://localhost/.

kemudian untuk client tinggal mengarahkan saja repositorynya ke ip server tersebut, sesuai dengan versi ubuntunya.


0 comments:

Post a Comment