Thursday, March 26, 2009

.:: Merekam dan Merestore Paket *.deb yang terinstall ::.

Ide ini muncul waktu temen gw ingin meng-clone system Linux(Ubuntu) dari hardisk PC master yang sebelumnya sudah terinstal dan menurut dia semua paket-paket aplikasi dan dependencies yang terisntal sudah sesuai dengan keinginannya. Secara (baru kali ini gw pake kata ini, geli) gw blom tau cara cloning system, tapi gw tau seh beberapa paket untuk keperluan cloning, seperti CloneZilla misalnya…

Gak lama puter otak, muncul ide, kan dia mau paket-paket nya aja kan yang tercloning bukan system-nya secara native. Ya..udah gw ubek-ubek dah tuh Synaptic Packet Manager, ternyata ketemu caranya, begini ( Ini di PC1 ) :

  1. Buka Synaptic Packet Manager ( System > Administration > Synaptic Package Manager )
  2. Pergi ke menu File > Save Markings or File > Save Markings As...
  3. Kemudian isikan nama file, disini gw kasih nama packetan_gw.txt , terus lw  tentuin dah mo ditaro dimana, misal : Flasdisk ( /media/sdb1/ ).
  4. Selesai…, dan coba lw buka filenya, disitu akan ter-list nama paket yang terinstal.

Lalu bagaimana merestore-nya di PC2, kan intinya mau samain PC1 sama PC2, begini (Ini di PC2) :

  1. Buka Synaptic Packet Manager, pergi ke menu File > Read Markings...
  2. Pilih file yang tadi di save, disini gw panggil file packetan_gw.txt
  3. Setelah itu paket-paket akan tercentang otomatis, lalu kita klik tollbar Apply untuk memulai instalasi.

Cat : Isi repository ( /etc/apt/source.list ) harus sama di PC1 dan  PC2

Kalau ada yang lebih senang pakai TUI dibanding GUI, ada juga kok caranya, begini :

Ini untuk merekam list ke file packetan_gw.txt

sudo dpkg --get-selections "*" > /home/norman/Desktop/packetan_gw.txt

Kemudian kopikan ke media portable semisal flashdisk, lalu colokan ke PC2, di PC2 jalankan perintah ini :

sudo dpkg --set-selections < /media/NORMAN/packetan_gw.txt

sudo apt-get -u dselect-upgrade

 

Begitulah Linux, sangat Flexsible…Ha…Ha…

Update : Ternyata udah ada juga yang nulis di sini , tapi cenderung sama, ya..udah gw samain dikit dah, he..he..

Peace

0 comments:

Post a Comment