Thursday, November 6, 2008

.:: Kamus Stardict ::.

Satu lagi aplikasi Kamus bersifat FOSS ( Free and Open Source Software ), yaitu Stardict. Stardict, sebagai sebuah kamus digital, mendukung berbagai bahasa dari belahan dunia termasuk bahasa Indonesia. Berikut ini adalah cara instalasi dan konfigurasinya di Ubuntu 7.10…

-- Instalasi

Pada tulisan ini gw install dari Synaptic Packet Manager. Karena gw lagi males ngetik via konsol dan aplikasi ini sudah masuk daftar repository. Cari paket dengan nama  stardict, lalu klik kanan pada paket tersebut dan pilih Mark for Installation pada menu popup yang muncul.

-- Tambah perbendaharaan kata ( vocabulary )

Setelah selesai instalasi agar penggunaannya optimal, maka kita harus menambah vocabulary dari kamus tersebut. Untuk itu kita perlu mengunduh dua berkas kamus yaitu English - Indonesia dan Indonesia – English . Setelah mendapatkan file yang dibutuhkan, maka extract file tersebut lalu copykan ke direktori /usr/share/stardict/dic. Cara yang paling sering digunakan adalah dengan perintah :

#tar xjvf nama_paket.tar.bz2 –C /usr/share/stardict/dic

Lakukan pada kedua file tersebut.

-- Penggunaan

Ada 2 cara dalam penggunaan aplikasi ini, yaitu dengan mengetikkan kata pada aplikasi stardict nya dan mengcapture kata yang akan ditranslate ( biasanya pada web content ).

Cara 1 :

 

Cara 2 :

Langkahnya : aplikasi stardict dibuka, klik tombol Close yang akan mengirimnya ke area pojok kanan atas desktop di panel bagian notification area, lalu buka sebuah web content dan blok kata yang ingin kita ketahui terjemahannya.

Selesai.

Ehhhmm…..menurut saya, salah satu alternatif yang bagus.

-- Selamat Mencoba --

Sumber : Klik Disini

0 comments:

Post a Comment