Saturday, November 29, 2008

.:: Add GPG key buat repo Medibuntu ::.

Mungin sudah banyak orang tahu kalau Medibuntu adalah repo untuk memainkan segala jenis file Multimedia di Linux Ubuntu, mulai dari 3gp sampai divx yang notabene katanya berbayar, yah..gak taulah itu, klo bagi saya yang penting film nya bisa nongol deh. Tapi di Ubuntu ada suatu keharusan bila kita menambahkan suatu list repo baru, maka GPG key nya harus juga di kenalkan (GPG key merupakan referer untuk Ubuntu mengarahkan destination dari paket yang akan di unduh. Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/GNU_Privacy_Guard ) .

Untuk menggunakan Repo ini, harus ditambahkan terlebih dahulu di file /etc/apt/source.list menggunakan editor kesayangan anda. Berikut list yang ditambahkan :
"deb http://packages.medibuntu.org/ hardy free non-free" (tanpa tanda " (kutip))

Setelah ditambahkan, kemudian update repo :
" sudo apt-get update "

Jika menemukan status seperti ini :
" W: GPG error: http://packages.medibuntu.org hardy Release: The following signatures couldn't be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY 2EBC26B60C5A2783
W: You may want to run apt-get update to correct these problems " , maka GPG nya belum terbaca, maka terlebih dahulu kita cari file .gpg nya.

Ketiikan perintah ini :
" gpg --keyserver http://packages.medibuntu.org/medibuntu-key.gpg --recv-keys 2EBC26B60C5A2783 " , perintah ini untuk mendapatkan dan membaca file .gpg

Maka status berikutnya akan nampak seperti ini :
" gpg: requesting key 0C5A2783 from http server packages.medibuntu.org
gpg: key 0C5A2783: public key "Medibuntu Packaging Team " imported
gpg: Total number processed: 1
gpg: imported: 1 " , isi file .gpg terbaca dan key 0C5A2783 inilah yang dibutuhkan.

Lalu add key tersebut dengan perintah :
" gpg --export --armor 0C5A2783 | sudo apt-key add - 0C5A2783 " , bila sukses akan tampak status OK!.

Lalu update repo kembali :
" sudo apt-get update "

NB: Perhatikan versi Ubuntu yang digunakan, karena akan gagal bila tidak sesuai antara list repo dan versi ubuntu ynag digunakan.


1 comment: