Wednesday, July 15, 2009

.:: Membuat Print Server dengan CUPS ::.

Malam ini gw harus membagi/sharing printer dengan adek gw yang mau ngeprint juga, karena printernya nyambungnya ke PC gw, dan kedua PC menggunakan Linux, jadi gak usah pake Samba sharingnya, cukup menggunakan CUPS (Common Unix Printing System) . Gak usah basa-basi, langsung aja caranya :
  • Kalo blom ada install dulu : $ sudo apt-get install cupsys
  • Konfigurasi settingannya, filenya di /etc/cups/cupsd.conf , sebelumnya backup dulu file aslinya supaya kalo nanti ada kesalahan kita bisa mengembalikannya ke settingan default. $ sudo cp /etc/cups/cupsd.conf /etc/cups/cupsd.conf.asli . Lalu edit file tersebut dengan editor kesayangan anda, baris akhir tambahkan ServerAdmin nama_anda@domain_anda.tld .
  • Cari juga baris Listen, dan tambahkan dibawahnya :
Listen 127.0.0.1:631                 #buat listening di localhost
Listen /var/run/cups/cups.sock # socket listen
Listen 10.10.10.1:631               # Listen di jaringan LAN, Port 631 (IPP)
  • Pastikan isian port
Port 631
Selesai sampai disini konfigurasi untuk servernya, lalu bagaimana di client nya ? karena clientnya pake Jaunty, jadi begini :
  • System > Administration > Printing, biarkan dia searching sendiri, dan kalo berhasil ditemukan langsung add saja.
  • Bila pada saat searching tidak ditemukan, isikan manual saja. Pilih yang mode Devices (Internet Printing Protocol)IPP , isikan Host dengan server printer anda, lalu klik find queue, nanti akan ter-list semua printer yang di share pada host tersebut, lalu tinggal pilih yang sesuai selera anda...ha...ha..

NB : Dalam kasus gw, gw nemuin error kayak gini "Printer 'printer' requires the 'pstocanonij' program but it is not currently installed.  Please install it before using this printer.", solving nya gampang tinggal kopi aja file tersebut dari server printer, biasanya ada di /usr/lib/cups/filter , lalu kopikan ke PC client dan letakan di /usr/lib/cups/filter.

Gak nyangka, sharing printer di linux sama mudahnya dengan di windows, he..he..


0 comments:

Post a Comment